Kompor Bahan Bakar Biji Jarak (KB3J) – BAG II



Cara Kerja yang Tidak Rumit
Setelah sebelumnya kita mengenalkan kompor alternatif pengganti minyak tanah dan elpiji dengan kompor berbahan bakar biji jarak. Berikut cara kerja (penggunaan) kompor tersebut.
SEBAGAIMANA kita tahu, kompor gas, maka gas (minyak tanah) sebagai sumber untuk mendapatkan api. Seperti juga kompor pada umumnya, kompor berbahan bakar biji jarak juga menggunakan biji jarak sebagai sumber untuk mendapatkan api.
Namun demikian, tidak banyak yang tahu, bagaimana kompor ini melakukan aktifitasnya. Berikut petunjuk mudah menggunakan kompor berbahan bakar biji jarak.
1. Pasang semua komponen kompor.
2. Kupas biji jarak yang telah dikeringkan dengan sinar matahari sekitar 5 % kadar air.
3. Masukkan biji kupasan pada kompor melalui mulut atas kompor maksimum 300 gram (tidak boleh lebih, bila lebih akan mengganggu aliran udara).
4. Nyalakan kompor dengan cara mencampur sedikit tumbukan biji jarak dengan minyak tanah atau spiritus, kemudian masukkan di atas biji jarak dalam kompor lalu sulut dengan api. Apabila tidak ada minyak tanah, bisa dengan melumatkan biji jarak sehingga keluar minyaknya, dan tuangkan sedikit spiritus pada lumatan biji jarak dan masukkan di atas biji jarak dalam kompor dan nyalakan dengan api. *)
5. Untuk menggunakan kompor lebih sempurna, tunggu lebih kurang 5 menit agar kompor menyala rata dan api berwarna agak biru.
6. Jumlah biji jarak yang dimasukkan kompor sesuaikan dengan kebutuhan (disesuaikan dengan kemampuan biji menyala), sebagai contoh untuk mendidihkan air 1.500 ml hanya dibutuhkan waktu 8 menit **)
7. Apabila nyala api hampir habis, tambahkan biji jarak ke dalam kompor sesuai dengan kebutuhan.
8. Untuk mengecilkan api, atur dengan menggeser tuas pada menja kompor bagian bawah.
9. Untuk pemakaian kompor berikutnya, dengan membersihkan terlebih dahulu arang (abu) biji jarak dengan mengkorek-korek, sehingga abu turun ke penampungan dengan tuas posisi membuka (ke kanan).
10. Untuk mematikan nyala api dengan menutup mulut kompor yang telah disediakan oleh pabrik yang sudah jadi satu paket.
Catatan:
*) Dari hasil uji yang dilakukan, spiritus lebih baik dari minyak tanah.
**) Dalam uji ketahanan nyala api diperoleh bahwa untuk 200 gram biji jarak, diperoleh api dapat menyala selama 60 menit. Lama nyala api ini juga dipengaruhi oleh tingkat kekeringan biji dan kadar minyak.
Pada ulasan berikutnya, kami akan menyajikan kelayakan kompor biji jarak pagar untuk skala kebutuhan rumah tangga. Kini saatnya untuk berinovasi, tinggalkan minyak tanah dan gas elpiji. Berali ke kompor bahan bakar biji jarak. Apalagi jika dapat menanam sendiri tanaman jarak, tentu akan lebih irit lagi khan. Selamat mencoba!
subscribe

Subscribe

Monitor continues to update the latest from This blog directly in your email!

oketrik
 
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More