Dulang Rupiah dari Nasi Kuning






Nasi-Kuning1Siapa tidak kenal masakan satu ini? Nasi kuning adalah salah satu masakan asli Indonesia yang digemari dan dikonsumsi sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama di Jawa. Warnanya yang menarik dan lebih beraroma membuat orang suka menyantapnya di berbagai kesempatan. Bagi Anda yang tinggal di daerah urban yang padat penduduk dan memiliki ketrampilan memasak yang baik, usaha nasi kuning bisa menjadi suatu celah bisnis yang menguntungkan.

Langkah-langkah persiapan:1. Bereksperimen untuk temukan resep nasi kuning yang paling disukai calon pelanggan.
2. Dapatkan modal untuk memulai usaha.
3. Sewalah tempat berupa kios, sebuah ruang di depan rumah atau jika ingin berjualan keliling, siapkan gerobak khusus.
4. Siapkan peralatan untuk memasak dan menyajikan nasi kuning. Jumlah dan jenis peralatan bisa disesuaikan seiring berjalannya waktu. Anda bisa memulai dengan peralatan sederhana dan murah serta bisa membeli  peralatan yang lebih bagus dan memadai jika usaha makin berkembang.
5. Tak ketinggalan juga temukan pemasok beras dan bumbu-bumbu (kunyit, kelapa, kedelai, bawang merah, lalap, dsb) yang lebih terjangkau tetapi berkualitas. Bahan-bahan pembungkus seperti daun pisang (jika ingin menampilkan kesan tradisional dan alami) atau plastik juga harus dipikirkan.

Langkah-langkah realisasi:

1. Tentukan berapa besar porsi nasi kuning yang akan dimasak selama satu hari. Membuat terlalu sedikit akan merepotkan karena harus memasak berulang kali atau mengecewakan pelanggan. Tetapi membuat terlalu banyak juga akan membuat Anda rugi jika tidak terjual habis. Makanan ini tidak tahan lama.
2. Masaklah nasi kuning dengan berdasarkan resep yang Anda yakini akan disukai konsumen. Untuk itu sebuah riset pasar sederhana bisa Anda lakukan dengan membagikan sampel nasi kuning ke beberapa orang yang Anda yakini bisa mewakili selera konsumen secara garis besar.
3. Lakukan kalkulasi usaha. Ini dilakukan agar bisa menemukan harga jual yang wajar tanpa harus mengorbankan diri atau membuat konsumen berpikir seribu kali untuk membeli nasi kuning masakan Anda kembali.
4. Jaga kebersihan saat memasak dan menyajikan nasi kuning. Pakai sarung tangan saat mengolah makanan dan cuci tangan dengan sabun sebelum memasak.

Langkah-langkah promosi dan marketing:

1. Metode word-of-mouth bisa diterapkan untuk menyebarluaskan keberadaan usaha nasi kuning Anda.
2. Selalu jaga kualitas nasi kuning Anda. Dengan kualitas yang terjaga, usaha Anda aka  berpeluang dikenal lebih banyak orang karena konsumen yang puas tidak akan merasa ragu untuk merekomendasikan nasi kuning Anda kepada kenalan dan sudara-saudara mereka.
3. Kenalkan dengan pesan pendek ke kenalan.
4. Sebarkan brosur di tempat strategis yang biasa dikunjungi para pelanggan potensial.

Tantangan:

1. Usaha ini cukup mudah didirikan sehingga bisa dipastikan banyak pesaingnya.
2. Nasi kuning tidak bertahan lama cita rasanya. Sekalipun tidak basi, menyimpannya sehari penuh dalam penghangat nasi akan menyebabkan kualitas rasanya menurun. Untuk itulah Anda harus berusaha menjual hingga habis dalam satu hari. Jika tidak laku terjual, Anda akan merugi.
3. Nasi kuning Anda sama saja dengan produksi orang lain. Diperlukan kreativitas dalam membuat nasi kuning Anda menjadi produk yang berbeda. Berikan sentuhan kreatif dalam masakan nasi kuning Anda, sesuatu hal yang belum pernah dipakai pesaing sehingga orang penasaran dengan produk Anda. (*/Akhlis)
subscribe

Subscribe

Monitor continues to update the latest from This blog directly in your email!

oketrik
 
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More